Home > Otomotif

Banyak Jenis Lampu di Mobil, Kapan Kita Menggunakan Sesuai Peruntukan?

Banyak pengendara menggunakan lampu yang tidak sesuai peruntukannya.
Ilustrasi lampu depan mobil. (Foto: Kiosban.com)
Ilustrasi lampu depan mobil. (Foto: Kiosban.com)

JAKARTA -- Banyak jenis lampu pada setiap mobil modern. Setiap jenis lampu tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Kadang, lampu tersebut digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya. Sebagai pengingat, berikut jenis-jenis lampu di mobil dan panduan penggunaannya seperti dilancir RAC pada Jumat (1/3/2024).

1. Lampu Dipped

Lampu dipped adalah lampu depan yang paling umum digunakan. Mereka lebih terang dari lampu samping tetapi tidak seterang lampu depan full beam. Biasanya, lampu dipped digunakan saat jarak pandang sangat berkurang, seperti malam hari atau cuaca buruk.

2. Lampu Full Beam

Lampu full beam adalah jenis lampu depan paling terang pada mobil. Mereka digunakan hanya pada bagian jalan yang gelap pada malam hari, dan dimatikan saat bertemu dengan lalu lintas dari arah berlawanan atau mengikuti kendaraan lain.

3. Lampu Kabut

Lampu kabut dirancang untuk menembus kabut dan kondisi cuaca buruk. Mereka digunakan saat jarak pandang di bawah 100 meter, seperti dalam kondisi kabut. Penting untuk tidak menggunakannya saat jarak pandang lebih baik dari itu, karena dapat menyilaukan pengemudi lain.

4. Lampu Peringatan Bahaya

Lampu hazard digunakan untuk memperingatkan pengemudi lain tentang bahaya atau hambatan di jalan. Mereka hanya digunakan jika kendaraan Anda tidak bergerak, seperti saat terlibat dalam kecelakaan atau terpaksa berhenti karena suatu halangan.

5. Indikator

Indikator digunakan untuk menunjukkan ke mana Anda akan berbelok. Pastikan untuk menggunakan mereka dengan benar saat mengubah arah, seperti pada bundaran, menjauh, menyalip, atau berpindah jalur.

6. Lampu Samping/Lampu Parkir

Lampu samping atau lampu parkir biasanya terletak pada bagian depan mobil. Mereka digunakan saat diparkir di jalan dengan batas kecepatan lebih dari 30 mph atau saat kendaraan diparkir di jalan dalam kondisi berkabut. Lampu ini membantu mobil Anda terlihat oleh lalu lintas saat kondisi tidak cukup gelap untuk lampu utama.

7. Lampu Belakang dan Lampu Rem

Lampu belakang dan lampu rem terletak di bagian belakang mobil. Lampu belakang menyala bersamaan dengan lampu depan, sedangkan lampu rem menyala ketika Anda mengerem. Pastikan lampu rem tetap bersih dan berfungsi dengan baik, karena lampu rem yang rusak dapat membahayakan keselamatan Anda dan mengakibatkan denda jika tidak diperbaiki.

× Image