Cerita Selly tentang Layanan Kesehatan yang Cepat dan Mudah Melalui Mobile JKN

DEPOK – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus membantu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang mudah. Tak hanya untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan saja, kemudahan tersebut juga dirasakan masyarakat di pelosok Indonesia.
Sudah banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari Program JKN ini terutama bagi masyarakat dengan perekonomian menengah ke bawah. Bariyah Selly (52 tahun) seorang ibu rumah tangga (IRT) merasa bersyukur Program JKN sudah hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat.
“Alhamdulillah dan merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN, karena sempat beberapa waktu lalu saya sakit dan berobat ke Puskesmas Tanah Baru. Kebetulan fasilitas kesehatan (faskes) saya terdaftar di puskesmas tersebut dan dekat rumah juga. Dengan menggunakan kartu JKN, sekarang kalau berobat tidak mengkhawatirkan soal biaya karena semuanya dijamin. Hanya mungkin ada beberapa obat yang tidak masuk dalam penjaminan tapi sejauh ini tidak ada kendala yang berarti, semua prosesnya cepat dan tidak bertele-tele. Pelayanan di puskesmasnya juga sudah bagus dan memuaskan,” ujar Bariyah Selly, dalam keterangan tertulis, beberapa Waktu lalu.
Ibu yang kerap dipanggil Selly ini juga menyampaikan bahwa ia sudah cukup lama terdaftar sebagai peserta JKN, begitu juga dengan keluarganya. Mereka sekeluarga terdaftar sebagai peserta JKN pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iuran kepesertaan JKN sudah dibayarkan oleh pemerintah. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, peserta JKN pun diberikan kemudahan untuk mengakses layanan kesehatan menjadi lebih efektif melalui aplikasi Mobile JKN. Mengetahui adanya kegiatan sosialisasi bersama BPJS Kesehatan di kelurahannya, Selly memanfaatkan momen itu untuk melakukan aktivasi aplikasi Mobile JKN miliknya.
“Baru pertama kali saya download aplikasi Mobile JKN, ternyata fitur-fitur yang ada di aplikasinya sangat bermanfaat dan memudahkan. Jadi kalau ada keperluan administrasi ternyata bisa diproses dari aplikasi saja. Tidak seperti dulu, saya waktu itu pernah mau ubah data alamat tempat tinggal harus jauh-jauh dulu datang ke Kantor BPJS Kesehatan padahal bisa lewat online ya. Sekarang juga kalau mau ke faskes kayak ke rumah sakit gitu harus ambil antrean online melalui aplikasi, membantu sih jadi tidak perlu lama-lama antre lagi. Untung saya dapat info kalau ada kegiatan dengan BPJS Kesehatan di kelurahan hari ini, jadi punya aplikasi Mobile JKN,” cerita Selly.
BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan edukasi maupun informasi seputar JKN kepada masyarakat untuk menyamaratakan persepsi maupun pengetahuan masyarakat terkait Program JKN. Selly yang merupakan salah satu peserta kegiatan sosialisasi JKN mengaku senang sekali karena BPJS Kesehatan Cabang Depok menyelenggarakan kegiatan ini. Baginya melalui kegiatan ini, ia maupun masyarakat lainnya menjadi lebih paham dan mendapatkan lebih banyak informasi terbaru mengenai Program JKN. Ia berharap kegiatan seperti ini tetap terus diadakan di berbagai kelurahan agar semua masyarakat mendapatkan informasi Program JKN yang lebih update secara merata.
“Saya senang nih kalau ada kegiatan sosialisasi begini, jujur saja dengan penjelasan yang disampaikan oleh pegawai BPJS Kesehatan tadi saya mendapat informasi baru salah satunya lokasi kantor BPJS Kesehatan Depok yang ternyata sudah pindah. Selain itu saya juga mendapatkan banyak pengetahuan terbaru terkait Program JKN. Menurut saya, masyarakat sangat butuh sosialisasi seperti ini karena masih memiliki pemahaman yang berbeda-beda. Harapan saya semoga kegiatan ini terus diadakan merata di setiap kelurahan dan semoga BPJS Kesehatan semakin jaya dan terus melayani masyarakat sepenuh hati,” harap Selly.