Home > Otomotif

BYD Menggila, Jual Dolphin Lebih Murah dengan Baterai Lebih Besar

BYD pada 23 Februari ini akan mengeluarkan New BYD Dolphin varian Honor Edition.
BYD Dolphin. (Dok Republika)
BYD Dolphin. (Dok Republika)

JAKARTA - Persaingan mobil listrik di Indonesia semakin sengit. Raksasa produsen mobil listrik China, BYD mengumumkan bahwa /hatchback/ terlarisnya, BYD Dolphin akan hadir dengan kapasitas baterai lebih besar yang berarti jarak tempuh akan semakin jauh, tetapi dengan harga lebih murah dari versi 2023.

BYD pada 23 Februari ini akan mengeluarkan New BYD Dolphin varian Honor Edition untuk pasar China. BYD Dolphin versi sebelumnya hanya memiliki opsi baterai LFP 45 kWh, cocok untuk jangkauan CLTC 420 km. Pembaruan BYD Dolphin 2024 ini akan menambah trim dengan baterai 60 kWh dan jangkauan 520 km.

Mesinnya tetap sama, dengan tenaga 70 kW dan torsi puncak 180 Nm. Dimensinya juga sama, (L/W/H) 4125/1770/1570 mm dan wheelbase 2700 mm.

Interior BYD Dolphin

Di interior Dolphin, BYD menyiapkan beberapa ubahan. Kendaraan ini akan dilengkapi port pengisian daya tipe-C baru dan bantalan pengisi daya nirkabel 50 W. Kursinya juga ditingkatkan, ditambah ventilasi kursi depan. BYD juga menambahkan kaca privasi belakang.

Media China, Autohome, mengeklaim bahwa Dolphin baru akan hadir dengan harga lebih rendah daripada versi 2023 ketika BYD meluncurkan pertama kalinya perang harga mobil listrik 2024 di China. Versi Dolphin saat ini dipasarkan mulai dari 104.800 yuan (14.500 dolar AS) di China. Namun, BYD bukanlah yang pertama mengumumkan penurunan harga di tahun baru ini, karena Deepal dan Wuling sudah mendiskon kendaraan mereka akhir pekan lalu.

Pendiri BYD Wang Chuanfu mengatakan dalam pidato Tahun Barunya bahwa ia memperkirakan pangsa kendaraan listrik akan mencapai 50 persen di China pada bulan-bulan terakhir tahun 2024. Penjualan kendaraan listrik bulanan China melampaui penetrasi pasar sebesar 40 persen pada tahun lalu.

BYD baru-baru ini mendeklarasikan perang harga terhadap mobil ICE dengan meluncurkan pembaruan model PHEV pada tahun 2024 dengan harga lebih rendah dibandingkan alternatif ICE. Langkah itu untuk mencoba membujuk pembeli ICE tradisional untuk memilih kendaraan hibrida plug-in.

Produsen mobil yang berbasis di Shenzhen menyatakan bahwa harga 79.800 yuan (11.000 dolar AS) untuk produk BYD membuat mobil bahan bakar panik”, mengacu pada peluncuran pembaruan tahunan dua model pada tahun 2024: BYD Qin Plus Honor Edition dan Destroyer 05 Honor Edition.

BYD kemungkinan besar menyasar ICE best seller dengan harga terjangkau seperti Volkswagen Lavida atau Toyota Corrola. BYD menghentikan produksi mobil ICE pada April 2022.

× Image