Home > News

Keren, Pelajar ini Diterima di Tiga Universitas Top Inggris dan Dunia

Azzam diterima di International Foundation Program di the University of Edinburgh, University of St Andrews, dan Queen Mary University of London.
Ahmad Azzam Muhammad, siswa SMA Labschool Jakarta yang diterima di tiga univervitas terkemuka di dunia.
Ahmad Azzam Muhammad, siswa SMA Labschool Jakarta yang diterima di tiga univervitas terkemuka di dunia.

JAKARTA -- Melanjutkan studi ke luar negeri tentunya menjadi impian bagi seluruh siswa/siswi Indonesia untuk mendapatkan kualitas pendidikan dengan taraf yang lebih tinggi. Apalagi, studi di luar negeri itu di Inggris.

Kali ini, kesempatan itu datang kepada Ahmad Azzam Muhammad. Siswa SMA Labschool Jakarta ini berhasil diterima di tiga universitas terbaik Inggris. Dia berhasil diterima di International Foundation Program di the University of Edinburgh, University of St Andrews, dan Queen Mary University of London.

Tiga universitas tersebut merupakan universitas negeri di Inggris yang memiliki kualitas pendidikan berstandar dunia dan mempunyai fasilitas pendidikan yang lengkap dan canggih. Ketiga kampus itu juga punya deretan profesor yang memiliki kredibilitas tinggi di dalam dunia pendidikan internasional.

Tidak main-main, tiga universitas tersebut menempati deretan peringkat teratas universitas di Inggris. Melansir the Times Higher Education World University Rankings 2024, The University of Edinburgh menempati peringkat tertinggi dari dua universitas lainnya, yaitu berada pada peringkat 30 dunia.

Kampus itu telah menerima siswa kelahiran Jakarta, 5 September 2005 ini. Kemudian Queen Mary University of London (peringkat 17 di Inggris), dan University of St Andrews (peringkat 25 di Inggris) menurut The Times Higher Education Best universities in the UK 2024.

Tentunya, hasil ini diraih dengan nilai akademik yang baik saat masih duduk di bangku sekolah serta pengalaman dan prestasinya selama bergabung di tim basket putra sekolah. Azzam yang juga memiliki kakak perempuan bernama Aisyah Khairunnisa yang merupakan alumni King’s College London jurusan Mathematics with Finance and Management (peringkat 40 dunia berdasarkan The Times Higher Education World University Rankings 2024).

Di mana kakaknya juga pernah diterima di University College London (UCL) jurusan Civil Engineering (peringkat 9 dunia berdasarkan QS World University Rankings 2025, University College London).

Selain kakak perempuannya Aisyah, Azzam juga memiliki kakak laki-laki yang saat ini sedang menempuh pendidikan di The Ohio State University-Columbus, Fisher College of Business dengan jurusan Finance (peringkat 99 berdasarkan The Times Higher Education World University Rankings 2024) dan sekaligus menjabat sebagai presiden PERMIAS Columbus untuk periode 2024/2025.

Selain itu, siswa SMA Labschool Jakarta ini juga mempunyai Ayah yang merupakan alumni S-1 dari North Carolina State University jurusan Aerospace Engineering dan alumni S-2 dari Arizona State University jurusan Industrial Engineering.

Azzam juga mengaku bahwa hasil didikan para guru serta pengajar dari SMP Labschool Jakarta dan SMA Labschool Jakarta sangat berkualitas, kompeten, dan berwawasan global. Selain itu, kehadiran setiap elemen civitas akademika SMP Labschool Jakarta dan SMA Labschool Jakarta juga telah turut membantu mempersiapkan segala sesuatu keperluan Azzam untuk memenuhi persyaratan aplikasi dalam pendaftarannya ke universitas-universitas di Inggris, mulai dari surat rekomendasi, nilai raport, ijazah, proses pengiriman dokumen secara elektronik, dan non-elektronik.

Kemudian Azzam secara khusus juga mengucapkan terima kasih kepada Dr Suparno Sastro, SPd, MM selaku kepala sekolah SMA Labschool Jakarta yang telah mengiringi keberhasilannya untuk bisa diterima di 3 universitas terbaik Inggris dan dunia.

Dapat diterima di universitas terkemuka Inggris, bukanlah merupakan perkara yang mudah, jika melihat keketatan persaingan pendaftaran universitas di Inggris yang datang dari seluruh penjuru dunia. Ini menunjukan bahwa Azzam memiliki kualitas yang sangat berkompeten dari segi akademis dan leadership sehingga dapat diperhitungkan serta di-respect oleh universitas di Inggris.

Di sisi lain, Azzam berhasil diterima di tiga Universitas tersohor Inggris juga dengan mengikuti program persiapan studi di luar negeri bersama Euro Management Indonesia. Setelah Azzam menyelesaikan program pelatihan IELTS-nya di Euro Management Indonesia, dia berhasil mendapatkan skor 7.5 pada tes resmi IELTS di British Council Indonesia bulan Juli 2023 lalu. Selama dalam proses pendaftaran ke universitas, Azzam mengaku juga telah banyak dibantu oleh Euro Management Indonesia dalam pengumpulan dokumen hingga penulisan personal statement, dan essay.

Dengan diterimanya Azzam di universitas terbaik Inggris telah turut membuka jalan bagi para siswa/siswi Indonesia lainnya untuk tetap mempertahankan impiannya untuk melanjutkan studinya ke luar negeri.

× Image