Home > News

UMJ Jadi Host Pelatihan Penulisan Deskripsi Permohonan Paten Batch 1 Tahun 2024

Program Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat ini digelar di Mekar Jaya, Serpong, Senin (08/07/2024).
Wakil Rektor I Dr Muhammad Hadi, M.Kep (tengah di baris pertama), bersama seluruh peserta pelatihan seusai acara pembukaan di Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Senin (08/07/2024). (Foto: Dok Pribadi)
Wakil Rektor I Dr Muhammad Hadi, M.Kep (tengah di baris pertama), bersama seluruh peserta pelatihan seusai acara pembukaan di Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Senin (08/07/2024). (Foto: Dok Pribadi)

ANTARIKSA -- Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi Host Pelatihan Penulisan Deskripsi Permohonan Paten Batch-1 Tahun 2024. Program Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat ini digelar di Mekar Jaya, Serpong, Senin (08/07/2024).

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMJ menyatakan, pelatihan menghadirkan enam narasumber/fasilitator. Para narasumber merupakan pakar penulisan deskripsi permohonan paten dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Keenam narasumber yaitu Ahmad Marzuki, S.Si, Ph.D (Universitas Sebelas Maret); Ir. Ahdiar Romadhoni, MBA (Institut Teknologi Bandung); Mhd. Hendra Wibowo, S.T.P.,M.M (Institut Pertanian Bogor); Prof.Dr.-Ing. Silviana, ST, MT, IPM, ASEAN ENG (Universitas Diponegoro); Dr. Nanik Astuti Rahman, ST, MT (Institut Teknologi Nasional Malang); dan Ria Dewi Andriani, S.Pt, M.Sc, MP (Universitas Brawijaya).

Peserta berasal dari berbagai perguruan tinggi, termasuk UMJ. Terdapat lima dosen UMJ yang berkesempatan mengikuti pelatihan yaitu Suharsiwi, Lorenta In Haryanto, Renty Anugerah Mahaji Puteri, Tri Yuni Hendrawati, dan Nunung Cipta Dainy. Wakil Rektor I UMJ Dr Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep turut hadir memberikan sambutan hangat mewakili Rektor.

“Kami sangat bangga atas kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat. UMJ berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan inovasi dan transfer teknologi di Indonesia," katanya melalui keterangan tertulis, Selasa, 10 Juli 2024.

Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan merumuskan deskripsi yang jelas, sistematis, dan berdaya saing tinggi dalam menyusun permohonan paten. Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk meningkatkan kolaborasi antara universitas, industry, dan pemerintah dalam memajukan riset dan pengembangan teknologi di tanah air.

Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemendikbudristek telah menyiapkan program yang komprehensif dan berbasis praktik. Itu dilakukan untuk memastikan setiap peserta dapat mengambil manfaat maksimal dari pelatihan ini.

Peserta diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam mendukung upaya komersialisasi hasil riset serta meningkatkan daya saing produk inovatif Indonesia di pasar global. Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkomitmen pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, UMJ terus berupaya memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung visi Indonesia sebagai negara inovatif dan berdaya saing global.

Pelatihan Penulisan Deskripsi Permohonan Paten akan berlangsung selama tiga hari hingga Rabu, 10 Juli 2024 mendatang. Pada usianya yang ke-68 tahun Universitas Muhammadiyah Jakarta mendapatkan Akreditas Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada 5 Maret 2024.

Di tahun ini, UMJ yang menjadi kampus tertua di antara 163 PTMA, telah memiliki 16 Prodi dengan akreditasi Unggul, 2 Prodi dengan akreditas A, dan memiliki jumlah dosen bergelar Doktor 238, serta yang sedang studi lanjut ke jenjang S3 sejumlah 92 orang. Dengan akreditasi unggul, UMJ sebagai Perguruan Tinggi Muhamamadiyah Aisyiyah (PTMA) tertua, UMJ dapat meningkatkan profesionalitas dan produktivitas serta penguatan budaya ilmiah unggul berdasarkan Al Islam Kemuhammadiyahan.

UMJ telah melahirkan tidak kurang dari 51.093 alumni yang tersebar dan berkpirah dalam berbagai bidang dan telah memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

× Image