Home > News

Alvara: Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Generasi Muda Harus Gunakan Pendekatan Digital

Media sosial berbasis visual, seperti TikTok, Instagram, dan YouTube lebih relevan untuk generasi muda.
CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali. (Dok Istimewa)
CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali. (Dok Istimewa)

JAKARTA - Pembinaan ideologi Pancasila harus menyasar generasi muda, khususnya Gen Z dan milenial, melalui pendekatan digital dan visual agar lebih efektif. Cara tersebut penting untuk memastikan agar pesan tersampaikan secara lebih efektif, khususnya generasi milenial dan Z.

"Generasi muda adalah anak kandung internet. Mereka terbiasa mengonsumsi konten visual dan digital sehingga pembinaan ideologi Pancasila tidak bisa lagi disampaikan dengan cara konvensional," kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali, di Jakarta, Kamis (19/9/2025).

Pendapat itu disampaikan Hasanuddin sebagai narasumber ahli dalam rapat dengar pendapat umum terkait penyusunan Rancangan Undang-Undang tentang Pembinaan Ideologi Pancasila dengan Badan Legislasi DPR RI di komplek parlemen, Jakarta.

Hasanuddin menyoroti mayoritas penduduk Indonesia saat ini berasal dari generasi Z dan milenial dengan jumlah mencapai 53 persen dari total populasi. Karakteristik kelompok tersebut berbeda dengan generasi sebelumnya.

Ia mengatakan, generasi muda lebih banyak memperbincangkan musik, film, olahraga, dan teknologi dibanding isu politik atau ideologi. Karena itu, kata dia, pesan Pancasila yang berat harus dikemas dalam bahasa sederhana dan visual agar bisa diterima.

Hasanuddin kemudian mencontohkan tren budaya populer, seperti K-pop, yang dengan cepat menarik perhatian anak muda. Hal itu menjadi tantangan bagi negara untuk mengomunikasikan nilai kebangsaan dengan cara yang sama menariknya.

Ia menambahkan, media sosial berbasis visual, seperti TikTok, Instagram, dan YouTube lebih relevan untuk generasi muda dibandingkan platform lama, seperti Facebook atau X. "Kalau ideologi Pancasila tidak dikomunikasikan dengan cara yang sama menariknya, maka akan sulit diterima generasi muda," ujarnya.

Selain itu, ia mengusulkan adanya survei tahunan untuk mengukur sejauh mana internalisasi Pancasila berhasil di masyarakat, serta pentingnya strategi literasi dan kontra narasi digital di tengah maraknya perdebatan ideologi di media sosial.

Rapat dengar pendapat yang dipimpin Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Sturman Panjaitan itu juga menghadirkan narasumber lain, yakni Ahmad Basarah dan Kepala Badan Keahlian DPR Prof Bayu Dwi Anggono, yang memberikan masukan terkait landasan filosofis, sosiologis, dan yuridis dalam penyusunan RUU Pembinaan Ideologi Pancasila.

× Image